Kamis, 25 Juli 2019

Cara Menambah Ukuran Batas Upload File pada XAMPP atau phpMyAdmin

Standard

Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang Cara Menambah Kapasitas File Pada XAMPP, XAMPP merupakan sebuah software atau aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan sebuah website yang berbasis PHP dan sebagai server local untuk membuat database menggunakan MySql, dan Xampp merupakan sebuah perangkat yang menggabungkan tiga aplikasi dalam satu paket diantaranya yaitu Apahe, MySQL, dan PHPMyadmin. Apache merupakan web server yangberfungsi untuk menampilkan website di internet dengan menggunakan browser seperti Firefox, Google Chrome, IE, Safari dan lain-lain. Dan sedangkan Mysql merupakan sebuah aplikasi yang database server dengan menggunakan bahasa SQL (Sructure Query Language).

Masalah yang sering muncul dan dibicarakan adalah maksimum upload yang dibatasi hanya 2Mb saja, tentu itu adalah ukuran yang sangat kecil dan sedangkan pengguna harus mengunggah file besar seperti kode atau berkas ukuran besar lainnya. Tidak hanya pada mode FTP saja, akan tetapi batasan upload ketika melakukan import database juga dibatasi juga. Pastilah pengguna kurang leluasa dengan maksimum 2Mb tersebut dan harus ditambahkan, dan untuk menambahkannya sangatlah mudah, berikut ini caranya.


1. Pertama – tama sebaiknya cek dulu berapa batas maksimum upload, untuk melihatnya bisa masuk PhpMyAdmin dan pada bagian Import.

2. Jika tampil seperti diatas, sekarang saatnya mengatasinya. Langsung saja buka Explorer dan masuk direktori dimana pengguna memasang XAMPP, lalu menuju direktori PHP.


3. Pada direktori PHP ini, silahkan cari file bernama php.ini, silahkan klik 2 kali hingga masuk mode pengalihan pada program Notepad.


4. Kemudian tekan tombol CTRL+F pada keyboard pada Notepad hingga muncul kolom pencarian, cukup cari dengan format upload_max_filesize lalu ENTER.

5. Sekarang akan ditemukan teks tersebut dan perhatikan pada bagian 2M diatas, itu adalah ukuran saat ini, sekarang coba ubah menjadi 20M.


6. Masih belum selesai, sekarang cari lagi dengan format post_max_size dan ubah menjadi 20M.


7. Tahap terakhir, simpan dengan cara tekan CTRL+S pada keyboard dan restart Apache dan lihat, pasti batas upload sudah meningkat.

CARA KE 2

1. Langkah yang pertama silahkan teman-teman buka xampp nya terlebih dahulu maka akan tampil halaman seperti dibawah ini :


2. Selanjutnya silahkan teman-teman file ini yang terdapat pada Apache Config seperti gambar dibawah ini :


3. Kemudian silahkan teman-teman cari Varable Silahkan teman-teman rubah nilai variable yang awalnya 2Mb menjadi 5Mb atau sesuai dengan kebutuhan ukuran database yang teman-teman inginkan.

4 Berikutnya silahkan teman-teman rubah max_execution_time menjadi nol (0). max_execution_time ini berfungsi untuk mematikan upload time limitnya, jadi pada saat kita akan meng-upload file tidak ada time out pada saat kita ingin meng-upload file yang berukuran besar.

5. Kemudian silahkan teman-teman Restart Apache nya, dan silahkan teman-teman coba meng-upload atau meng-import file yang ingin tema-teman import, maka akan muncul sebuah pesan bahwa file yang teman-teman import telah berhasil.

Cara diatas hanya akan mengubah batasan menjadi 20 Mega Byte saja dan pengguna juga bebas mengubahnya sesuai kebutuhan. Tidak akan ada efek samping setelah mengalihkan batasan ini, jadi tidak perlu khawatir karena ini hanyalah pengaturan saja. sekian dan terimakasih.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :